Penerapan pendidikan karakter penting untuk dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas, salah satunya untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas-tugasnya di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter tanggung jawab siswa melalui pembelajaran tematik di kelas tiga SDN Kembangan Utara 10. Partisipan dalam penelitian ini yaitu Guru kelas 3A, 3B, 3C dan 3D serta siswa kelas 3A, 3B, 3C dan 3D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter di kelas tiga sudah tampak melalui penegakan disiplin moral sedangkan yang belum sepenuhnya tampak di kelas 3A, 3C dan 3D yaitu mempergunakaan metode pembelajaran melalui kerja sama (collaborative learning), penciptaan kelas sebagai komunitas moral, dan membangun sebuah rasa “tanggung jawab bagi pembentukkan diri”. Untuk tanggung jawab siswa yang sudah tampak disemua kelas tiga yaitu mengakui kesalahan yang dilakukannya, sedangkan tanggung jawab siswa yang belum sepenuhnya tampak di kelas 3A, 3C dan 3D yaitu menyimak penjelasan guru, serius dalam mengerjakan tugas, menyelesaikan tugas tepat waktu, menghindari kecurangan dalam pelaksanaan tugas, dan berkontribusi di dalam kelompok belajar. Saran untuk guru yaitu dapat mengembangkan penerapan pendidikan karakter tanggung jawab siswa melalui mempergunakan metode pembelajaran melalui kerjasama (collaborative learning), penciptaan kelas sebagai komunitas moral dan membangun sebuah rasa “tanggung jawab bagi pembetukkan diri”. |