Kurikulum merdeka bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka adalah Sekolah Dasar Tarakanita Gading Serpong. Akan tetapi, tidak semua kelas menggunakan kurikulum merdeka di dalam pembelajaran. Tantangan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, karena merupakan sesuatu yang baru, untuk sekolah dan guru-guru. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara implementasi kurikulum merdeka pembelajaran seni rupa, dengan indikator-indikator, dan elemen-elemen, yang ada pada kurikulum merdeka. Subjek penelitian adalah guru seni rupa kelas IV, dan siswa dari kelas IV, di Sekolah Dasar Tarakanita Gading Serpong. Hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi pembelajaran seni rupa, dengan menggunakan kurikulum merdeka, di kelas IV Sekolah Dasar Tarakanita Gading Serpong, sudah terlaksana sesuai dengan tingkatan atau fase, yang seharusnya diterima oleh siswa kelas IV, yaitu fase B, maupun indikator, dan elemen yang ada pada kurikulum merdeka. Saran berdasarkan hasil penelitian, yaitu guru memberikan keleluasaan bagi siswa, dalam mengeksplorasi ide-ide yang dimiliki, dalam membuat karya seni rupa, sekolah memberikan pelatihan kepada guru-guru, sebelum mulai menerapkan implementasi pembelajaran, dengan menggunakan kurikulum merdeka. |