Anda belum login :: 23 Nov 2024 02:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENERAPAN METODE GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI INPRES VIM 3 KOTARAJA
Bibliografi
Author:
Esop, Alfrida
;
Anindyta, Pricilla
(Advisor)
Topik:
Keterampilan membaca permulaan
;
metode global.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Alfrida Esop_Undergraduated Theses_2023.pdf
(5.71MB;
8 download
)
201903550034_Alfrida Esop_LembarAdministrasi.pdf
(1.13MB;
3 download
)
Abstract
Keterampilan membaca permulaan sangatlah penting untuk dikuasai siswa pada jenjang kelas awal di sekolah dasar. Disinilah siswa-siswi harus dilatih agar mampu membaca dengan lancar sebelum mereka memasuki membaca lanjutan atau membaca pemahaman. Membaca permulaan merupakan salah satu keterampilan bagi anak dalam menyerap sebuah gagasan dan menuangkan kembali menjadi sebuah pengetahuan yang nyata. Di SD Inpres Vim 3 Kotaraja di kelas II terdapat siswa yang belum bisa membaca bahkan mengenal huruf sehingga dibutuhkan metode ataupun strategi yang baik agar dapat membantu siswa-siswi dalam mengembangkan kemampuan keterampilan membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode global untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Vim 3 Kotaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi yang dianalisi secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa meningkat setelah dilakukan penerapan metode global. Hal ini dapat dilihat pra siklus dengan nilai rata-rata 54, lalu pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 63. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 71 dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 73. Maka dapat dilihat bahwa keterampilan membaca permulaan siswa menjadi meningkat sehingga disarankan kepada guru agar menggunakan metode global ini sebagai salah satu metode pembelajaran Bahasa Indonesia.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)