Literasi baca-tulis merupakan dasar kemampuan yang wajib di miliki oleh setiap individu. Kemampuan ini dapat membantu dalam upaya menambah wawasan melalui kegiatan membaca dan menulis. Selain itu juga membantu dalam mengolah informasi yang akan di tanggapi, dan dianalisis untuk menjadi acuan dalam mencapai tujuan. Kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini dalam diri setiap peserta didik karena membaca dan menulis adalah dasar untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran literasi baca tulis di kelas VA dan VB SDN Inpres VIM 3 Kotaraja Jayapura Papua. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas VAdan VB SDN Inpres VIM 3 Kotaraja Jayapura Papua. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Observasi dilakukan saat pembelajaran di kelas VA dan VB. Sedangkan wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan di kedua kelas tersebut dalam penerapan pembelajaran literasi baca tulis. Peserta didik kelas VA melakukan penerapan pembelajaran literasi baca tulis dengan menggunakan banyak ide-ide yang kreatif sedangkan untuk kelas VB guru hanya berpatokan pada buku yang sudah tersedia yaitu buku tema guru dan siswa. Sejauh ini penerapan pembelajaran literasi baca tulis sudah di terapkan, namun masih kurang pada bagian merancang media-media yang kreatif untuk digunakan. Maka saran yang dapat di berikan kepada guru yaitu guru harus lebih kreatif merancang pembelajaran literasi baca tulis terutama dalam pembuatan dan penggunaan media. Media pembelajaran perlu digunakan saat pelaksanaan pembelajaran literasi baca tulis di kelas, agar peserta didik tertarik untuk mengikuti pembelajaran literasi baca tulis dan pelaksanaan literasi tidak membosankan. |