Penguatan pendidikan karakter merupakan gerakan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam mengembangkan potensi siswa untuk memiliki pikiran, hati, dan perilaku yang baik. SD Millennia World School telah mengimplementasikan program penguatan pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswanya. Sekolah memiliki visi dan misi sekolah, nilai-nilai utama, tradisi sekolah, juga character building merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakter religius, nasionalis, dan gotong royong siswa kelas IV SD Millennia World School, (2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter religius, nasionalis, dan gotong royong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV, kepala sekolah, dan guru kelas/wali kelas IV SD Millennia World School. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian pada implementasi penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas IV SD Millennia World School menunjukkan bahwa (1) Implementasi nilai karakter religius, nasionalisme, dan gotong royong sudah dilakukan oleh guru melalui program-program sekolah, mata pelajaran character building juga mata pelajaran lainnya. (2) Nilai karakter nasionalisme belum secara optimal terlihat di sekolah (3) Hambatan misalnya belum ada musholla sekolah dan lapangan untuk siswa dapat melaksanakan upacara bendera. |