Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:22 WIB
Detail
BukuPengembangan Media Flash Card Berbasis Budaya Untuk Literasi Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Detya, Jessica Cristy ; Ariani, Yohanna Claudia Dhian (Advisor)
Topik: Pengembangan; Media flash card; Membaca Permulaan; Literasi Budaya
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kegiatan literasi membaca permulaan masih jarang dilakukan oleh siswa di tempat penelitian sehingga hampir seluruh siswa kelas I SD pada awal masuk kelas tidak dapat membaca. Pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana penunjang masih sangat jarang digunakan. Guru belum pernah mengintegrasikan pembelajaran berbasis budaya lokal ke dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yaitu mengembangkan sebuah produk pembelajaran yang disesuaikan dengan kebudayaan lokal agar memudahkan peserta didik memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran yang baru berbasis dari kebudayaan suku Dayak Tunjung sebagai kebudayaan lokal. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan mengembangkan media flash card yaitu media flash card sangat praktis dibawa kemanapun, materi pembelajaran yang tersaji mudah diingat oleh siswa, dapat digunakan untuk bermain saat proses pembelajaran sehingga media flash card mudah digunakan oleh guru dalam membantu siswa belajar membaca permulaan. Flash card yang dikembangkan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun hasil dari pengembangan media flash card yang berjudul “ Membaca Permulaan Berbasis Suku Dayak Tunjung” dilaksanakan mulai dari peneliti melakukan analisis kebutuhan kepada tiga SD yang ada di Kutai Barat. Media flash card diaplikasikan ke sekolah setelah dinyatakan layak dengan melewati uji tahap kelayakan oleh para ahli. Kelayakan flash card juga didukung melalui uji coba kelompok kecil maupun kelompok besar berdasarkan dari masukan saran pengguna. Media flash card dalam hal ini layak untuk dapat digunakan sebagai sarana penunjang untuk membantu siswa kelas I SD belajar membaca permulaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)