Washiku adalah usaha yang bergerak di industri jasa yang menyediakan layanan pencucian sepatu untuk masyarakat yang tidak memiliki cukup waktu dalam merawat sepatunya, mulai dari sepatu kanvas hingga sepatu tertentu seperti kulit, suede, dan nubuck. Visi dari Washiku sendiri adalah menjadi penyedia jasa cuci sepatu terkemuka di Indonesia, yang dikenal dengan kualitas, keandalan dan inovasi dalam perawatan sepatu, memastikan kepuasan pelanggan yang maksimal dan membangun kepercayaan pelanggan terhadap Washiku. Dengan peluang gaya hidup masyarakat Indonesia yang konsumtif, meningkatnya pecinta sneakers di Indonesia, minimnya pengetahuan cara merawat sepatu yang baik dan benar, pesaing yang masih sedikit di wilayah Tebet, dan tingginya tingkat kesibukan masyarakat Jakarta, mendorong penulis untuk membentuk usaha cuci sepatu dengan nama Washiku yang menjamin kebersihan dan keamanan sepatu pelanggan. Dari hasil rencana keuangan yang telah dirancang penulis, Washiku mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp22.659.533,00 pada tahun pertamanya dengan modal yang dikeluarkan sebesar Rp15.000.000,00. Hasil analisis kelayakan usaha Washiku mendapatkan NPV sebesar Rp51.362.852,00, profitability index dengan angka 3,42, dan payback periode selama 6 bulan yang memiliki arti bahwa usaha ini layak untuk dijalankan. |