Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat media informasi dan hiburan dapat diakses dengan mudah, tidak hanya melalui televisi. Platform over the top menjadi pilihan konten hiburan yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Layanan video streaming menawarkan kualitas menonton yang baik tanpa iklan dengan harga yang relative terjangkau. Insider Intelligence (2023) memperkirakan, tahun ini orang Amerika Serikat akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton video digital di platform seperti Netflix, Tiktok, dan Youtube dibandingkan menonton televisi. Fenomena serupa juga terlihat di Indonesia dimana setiap tahun jumlah pelanggan Subscription based Video on Demand terus mengalami peningkatan. Netflix merupakan salah satu platform streaming yang memiliki pelanggan terbanyak di Indonesia. Layanan streaming Netflix menyajikan berbagai pilihan film dan acara TV yang dapat ditonton secara on demand berbasis langganan seperti TV kabel. Hal ini berdampak pada industri penyedia TV kabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, konten, kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan kepuasan konsumen terhadap perilaku berpindah konsumen di Jabodetabek. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang pernah berlangganan TV kabel dan saat ini berlangganan layanan streaming Netflix. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 180 responden yang berdomisili di Jabodetabek. Dari hasil analisis menggunakan regresi logistik multinomial diketahui bahwa harga, content richness, kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku berpindah konsumen di Jabodetabek. |