Tren disain kerja remote working yang tumbuh belakangan ini memberikan tantangan tersendiri dalam membangun organizational engagement karyawan. Kualitas komunikasi internal berdasar banyak studi ditemukan memiliki kontribusi dalam membangun organizational engagement, yang tidak mudah untuk dikelola dalam kondisi remote working, mengingat komunikasi secara daring yang lebih banyak dilakukan dalam interaksi kerja . Tulisan ini merupakan hasil telaah literatur dan hasil studi terkait tentang bagaimana pengelolaan komunikasi internal secara daring yang optimal bagi pengembangan organizational engagement karyawan remote working. Sejumlah hasil studi menunjukkan bahwa komunikasi secara daring yang dominan dilakukan dalam skema kerja remote working tetap dapat dikelola sedemikian rupa sehingga kualitas komunikasi internal dapat dioptimalkan. Komunikasi yang mampu menumbuhkan perasaan dihargai, didukung serta dilibatkan pada karyawan akan mendorong mereka untuk lebih memiliki kebanggaan, perhatian dan semangat untuk berkontribusi bagi kemajuan organisasi. Program-program yang memfasilitasi interaksi informal antar karyawan yang bersifat empatik juga tetap dapat dirancang secara daring yang dapat membangun rasa saling memiliki antar karyawan. |