E-Learning UAJ merupakan sebuah sistem yang disediakan oleh Unika Atma Jaya guna mempermudah proses pembelajaran baik bagi mahasiswa maupun dosen. Namun sistem ini ternyata masih jarang digunakan, terutama di kalangan fakultas Teknik. Hal ini yang menjadi dasar dilakukannya analisis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat usability dari sistem eLearning UAJ. Analisis usability dilakukan dengan menggunakan lima komponen usability dari Jakob Nielsen yaitu Learnability, Efficiency, Memorability, Error, dan Satisfaction. Indikator yang terdapat dalam kelima komponen tersebut kemudian diolah menjadi kuesioner yang akan disebarkan kepada dosen dan mahasiswa aktif di seluruh fakultas yang menggunakan eLearning UAJ. Penelitian ini menggunakan skala likert dimana terdapat 5 kategori, dimana kategori 1 untuk sangat tidak baik hingga katergori 5 untuk sangat baik. Dari kelima kriteria usability yang diuji terhadap mahasiswa dan dosen, mayoritas jawaban berada pada kategori 3 atau cukup dengan nilai rata” yang berkisar di antara 14.122 - 18.731 untuk dosen dan 19.825 - 21.845 untuk mahasiswa. Secara keseluruhan, tingkat usability dari eLearning UAJ sudah cukup bagus sehingga dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal baik oleh dosen maupun mahasiswa. Hasil akhir penelitian ini juga menawarkan beberapa solusi yang sekiranya dapat digunakan untuk mengembangkan sistem eLearning UAJ menjadi lebih baik lagi |