Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:51 WIB
Detail
BukuAudit Manajemen atas Fungsi Penjualan pada PT AYJ
Bibliografi
Author: Setioputri, Kris Muliawati ; Siregar, Anitaria (Advisor)
Topik: Audit Manajemen; Fungsi Penjualan; Pengendalian Internal; Efektifitas dan Efisiensi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan dan prosedur atas pelaksanaan fungsi penjuan pada PT AYJ agar dapat ditingkatkan kefektifan, keefisienan, dan keekonomisan pengendalian internalnya. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem dari fungsi penjualan hingga meminimalisir risiko kecurangan (fraud) yang mungkin terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan Internal Control Questionnaire (ICQ), serta inpeksi dokumen dengan melakukan uji kepatuhan (compliance test) atas fungsi penjualan pada PT AYJ.
Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian perencanaan dan organisasi pada PT. AYJ yang memuat struktur organisasi perusahaan sudah berjalan dengan baik. Tetapi perusahaan masih memiliki kekurangan dalam segi fungsi penagihan dan akuntansi sehingga kurang efekitf dan efisien karena akan mengakibatkan tindakan yang kurang baik yaitu kecurangan. Pengaturan proses pemasaran pada PT. AYJ sudah berjalan dengan baik dan efektif serta efisien. Perusahaan melakukan penerapan pengejaran peluang dan fokus untuk menemukan pelanggan dengan proyek besar dengan cara melakukan presentasi ke perusahaan-perusahaan lain untuk bekerjasama dalam kuliner. Hal ini merupakan cara mempromosikan produk serta untuk meningkatkan penjualannya. Pengendalian penjualan yang dilakukan PT AYJ sudah berjalan dengan baik, efektif serta efisien, baik dalam segi persiapan seperti dokumen penjualan sudah tersedia dan setiap divisi sudah mengetahui jobdesk masing-masing. Tetapi pada tahap ini masih terdapat kekurangan yaitu tidak adanya kotak saran untuk menyalurkan aspirasi terkait kelebihan dan kekurangan pelayanan penjualan pada perusahaan untuk lebih mengembangkan pelayanan pada perusahaan. Pengendalian atas pengiriman barang pada PT. AYJ sudah dilaksanakan dengan baik serta efektif dan efisien. Tahap ini barang yang akan dikirim dilakukan pengecekan oleh karyawan gudang agar terhindar dari kesalahan pengiriman barang, biaya pengiriman yang besar serta perpanjangan waktu pengiriman barang pada konsumen. Pengendalian piutang pada PT. AYJ dinyatakan kurang baik dan kurang efektif serta efisien, dikarenakan perusahaan tidak memiliki kebijakan yang jelas dan tegas pada saat pengendalian piutang. Kebijakan yang diambil perusahaan hanya dengan cara tidak menerima kontrak kerjasama kembali dengan perusahaan itu tanpa ada usaha lain untuk memulihkannya
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.375 second(s)