Tantangan kemerosotan ekonomi bagi para pelaku usaha akibat dampak dari pandemi COVID 19 kini berganti menjadi sebuah harapan akan terwujudnya pertumbuhan dan kemajuan ekonomi bagi perusahaan. Sistem operasional kantor telah kembali ke sistem Work From Office (WFO) secara penuh. Salah satu perusahaan yang sedang mengikuti kebijakan sistem operasional adaptif ini adalah PT. Media Indonusa (Faspay). Fokus motivasi kerja karyawan untuk kembali ke kantor merupakan langkah urgensi karena aspek kemanusiaan memiliki kekuatan lebih besar ketika bekerja di kantor. Aspek kemanusiaan dari pola interaksi yang terjadi di kantor dapat diamati berdasarkan arah komunikasi internal untuk melihat pembentukan iklim komunikasi yang suportif sehingga dapat menciptakan motivas i kerja bagi karyawan pasca pandemi COVID 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal terhadap motivasi kerja melalui iklim komunikasi sebagai variabel antara (intervening). Teori arah komunikasi internal, iklim komunikasi su portif, dan motivasi kerja menjadi acuan dasar penelitian ini. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan penyebaran angket tertutup kepada 70 responden dari 85 populasi yang dipilih secara acak melalui teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan path analysis. Penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi internal berpengaruh signifikan dan positif terhadap iklim motivasi, iklim motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja, dan komunikasi internal tidak berpengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja, melainkan berpengaruh secara tidak langsung terhadap motivasi kerja melalui iklim komunikasi sebagai variabel intervening. |