Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:08 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN TINGKATAN CELEBRITY WORSHIP DAN KECANDUAN INTERNET PARA PENGGEMAR K-POP (FANDOM) USIA DEWASA MUDA
Bibliografi
Author: Dewi, Zahrasari Lukita (Advisor); NATHALIA, DIMITRIE GRACE
Topik: Celebrity Worship; Kecanduan Internet; Penggemar K-pop; Dewasa Muda
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan penggemar K-pop yang bergabung dalam fandom terbesar di internet yang didominasi oleh individu dalam rentang usia 20-40 tahun atau dewasa muda. Penggemar K-pop menggunakan internet dalam mencari informasi idola mereka serta memberikan dukungan didalamnya yang dikonseptualisasikan sebagai celebrity worship. Namun, dalam mencari informasi dan memberikan dukungan, para penggemar K-pop seringkali berlebihan hingga masuk dalam tingkatan tertentu dalam celebrity worship. Celebrity Worship memiliki tiga tingkatan kontinum yang dibagi berdasarkan intensitas perilaku berbahaya yang mucul, dimulai dari tingkatan terendah ke tingkatan tertinggi yaitu Entertaiment Social, Intense Personal Feeling dan Borderline Pathological. Peningkatan perilaku berbahaya yang muncul berdasarkan tingkatan celebrity worship termasuk penggunaan internet yang memungkinkan para penggemar K-pop mengalami kecanduan internet.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkatan celebrity worship dengan kecanduan internet khususnya para penggemar K-pop usia dewasa muda. Hipotesis yang disajikan adalah terdapat hubungan antara ketiga tingkatan pada celebrity worship yaitu Entertaiment Social, Intense Personal Feeling dan Borderline Pathological dengan kecanduan internet para penggemar K-pop di usia dewasa muda. Sampel penelitian ini berjumlah 152 dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan dua alat ukur yaitu Celebrity Attitude Scale dan Internet Addiction Test. Data penelitian ini di uji dengan menggunakan Spearman-Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkatan celebrity worship beserta dimensi yaitu Entertaiment Social, Intense Personal Feeling dan Borderline Pathological memiliki korelasi positif dengan kecanduan internet para penggemar K-pop usia dewasa muda. Tingkatan Entertaiment Social menunjukkan skor korelasi terendah dengan kecanduan internet sedangkan, tingkat Borderline Pathological menunjukkan skor korelasi tertinggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.328125 second(s)