Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:58 WIB
Detail
BukuPERBANDINGAN MOTIVASI PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA REMAJA, EMERGING ADULTHOOD DAN DEWASA MUDA
Bibliografi
Author: Ratnalia, Lisa ; Setiadi, Bernadette N. (Advisor)
Topik: Instagram; motivasi penggunaan; media sosial; kelompok usia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Salah satu media sosial yang paling diminati saat ini adalah Instagram. Setiap individu memiliki tujuan dan motivasi masing-masing untuk menggunakan Instagram dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu penelitian perlu dilakukan untuk lebih memahami motivasi dalam penggunaan Instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat perbedaan motivasi penggunaan Instagram pada tiga kelompok usia yang berbeda, yaitu kelompok usia remaja, emerging adulthood dan dewasa muda. Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu motivasi penggunaan Instagram sebagai variabel dependen dan kelompok usia sebagai variabel independen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian deskriptif komparatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 131 responden dengan rincian 44 responden dari usia remaja, 47 responden dari usia emerging adulthood dan 40 responden dari usia dewasa muda. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis Kruskal-Wallis karena data tidak terdistribusi secara normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean rank dari setiap kelompok usia, yaitu perbedaan pada kelompok usia dewasa muda pada dimensi “Pengalihan” dan perbedaan pada kelompok usia remaja pada dimensi “Promosi Diri”. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa kelompok usia dewasa muda kurang menggunakan Instagram sebagai pengalihan dibandingkan dua kelompok usia lainnya dan kelompok usia remaja lebih sering menggunakan Instagram sebagai media untuk melakukan promosi diri dibandingkan kedua kelompok usia lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok usia emerging adulthood berada di antara kelompok usia remaja dan dewasa muda dalam kedua aspek di atas. Hal ini sejalan dengan fase perkembangan emerging adult yang berada pada masa transisi antara remaja dan dewasa muda. Peneliti menyarankan agar penelitian diperluas untuk mengetahui motivasi penggunaan instagram pada kelompok usia lain.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)