Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN SELF ADJUSTMENT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author:
Paramitha, Yinny
;
Sutantoputri, Novita Widiawati
(Advisor)
Topik:
Self adjustment
;
motivasi belajar
;
mahasiswa
;
Jakarta
;
pandemi COVID-19
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000023, YINNY PARAMITHA, NOVITA W. SUTANTOPUTRI, HUBUNGAN SELF ADJUSTMENT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19, 28 JULI 2023.pdf
(2.29MB;
4 download
)
201907000023_Yinny Paramitha_LembarAdministrasi.pdf
(1,003.38KB;
1 download
)
Abstract
Munculnya virus COVID-19 menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai aspek, termasuk aspek pendidikan dan aspek sosial. Self adjustment merupakan suatu keterampilan dari diri individu untuk menyelaraskan antara kebutuhannya dengan tuntutan yang ia dapatkan dari lingkungannya. Kemampuan self adjustment yang baik dapat membantu individu dalam mengurangi beban akibat tekanan yang sedang dialami. Di sisi lain, motivasi belajar merupakan dorongan yang dimiliki individu untuk mencapai suatu tujuan dalam kegiatan pembelajaran. Kemampuan self adjustment dan juga motivasi belajar yang baik dapat membantu kelancaran individu dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya.
Salah satu populasi mahasiswa terbanyak di Indonesia berada di Kota Jakarta, sehingga populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang berkuliah di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana hubungan antara self adjustment dan motivasi belajar mahasiswa di Jakarta pada masa pandemi COVID-19. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, alat ukur dalam penelitian ini dibuat dalam bentuk kuesioner. Alat ukur dibuat oleh peneliti berdasarkan berbagai referensi mengenai aspek-aspek dari kedua variabel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online terhadap 380 mahasiswa yang berkuliah di Jakarta. Peneliti memperoleh partisipan dengan menggunakan teknik convenience sampling.
Hasil penelitian dihitung menggunakan uji Spearman dengan hasil korelasi sebesar 0.728. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara self adjustment dan motivasi belajar mahasiswa di Jakarta pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini tetap memiliki keterbatasan-keterbatasan di dalamnya. Meskipun begitu, peneliti berharap penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Peneliti juga berharap ke depannya, baik mahasiswa maupun pihak perguruan tinggi dapat lebih menyadari pentingnya kemampuan self adjustment dan motivasi belajar dalam kelancaran kegiatan pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)