Anda belum login :: 22 Nov 2024 16:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Self Efficacy Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Yang Memanfaatkan Teknologi
Bibliografi
Author:
Chrysantha, Charlotte
;
Aisyah, Aireen Rhammy Kinara
(Advisor);
Purwanti, Margaretha
(Advisor)
Topik:
Self efficacy guru
;
Guru SD Kecil
;
Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000286,Charlotte Chrysantha,Dr. Margaretha Purwanti, M. Si., Psikolog dan Dr. Aireen Rhammy Kinara Aisyah, Psikolog,Gambaran Self Efficacy Guru Sekolah Dasar,28 Juli 2023.pdf
(1.74MB;
3 download
)
201907000286_Charlotte Chrysantha_LembarAdministrasi.pdf
(1.11MB;
0 download
)
Abstract
Guru merupakan tiang pendidikan yang bersentuhan langsung dengan murid sehingga memiliki peranan penting dalam membimbing dan mengajar murid. Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik guru harus yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya atau yang disebut sebagai self efficacy. Pada zaman ini, merupakan kewajiban bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajarannya, dimulai dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Dengan karakteristik siswa SD yang khas, guru harus dapat memanfaatkan teknologi pada pembelajaran SD dengan tepat untuk mempersiapkan murid menghadapi masa depan. Penelitian ini bertujuan melihat gambaran self efficacy guru SD kecil dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan jenis teknologinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantiatif menggunakan metode deskriptif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan mendapatkan 139 partisipan. Populasi penelitian ini adalah guru SD kelas 1-3 dan berada pada rentang umur 40-60 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur self efficacy guru dan diolah dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba dari alat ukur ini menujukkan bahwa alat ukur ini valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy guru cenderung tinggi. Artinya dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi guru SD kecil dapat; (1) mengatasi tantangan yang dihadapi; (2) mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien; (3) merancang metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik murid; (4) mempersiapkan murid menghadapi masa depan. Jenis teknologi yang digunakan oleh guru SD kecil adalah Google Classroom, Whatsapp, Webex, Power Points dan Paint. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah (1) mempertimbangkan teknik pengumpulan data yang digunakan (2) menambah pertanyaan untuk data partisipan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)