Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN INTENSITAS JENIS COPING STYLE MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI
Bibliografi
Author:
Alicia, Irene
;
Santoso, Justinus Budi
(Advisor)
Topik:
Stres akademik
;
coping style
;
problem-focused coping
;
emotion-focused coping
;
mahasiswa tingkat akhir
;
skripsi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000126, Irene Alicia, Justinus Budi Santoso, Hubungan Stres Akademik dengan Intensitas Jenis Coping Style Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi, 28 Juli 2023.pdf
(847.96KB;
22 download
)
201907000126_Irene Alicia_Lembar Administrasi.pdf
(1.08MB;
3 download
)
Abstract
Mahasiswa adalah individu yang mengikuti pembelajaran dan kegiatan di perguruan tinggi. Pada semester akhir, terdapat tugas yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa yaitu skripsi. Dalam prosesnya, mahasiswa terkadang menemukan kendala dan hambatan yang dapat menjadi sumber stres atau stressor. Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, stres dikategorikan ke dalam stres akademik. Munculnya stres akademik akan berdampak terhadap kehidupan mahasiswa sehingga dibutuhkan strategi untuk mengatasinya. Strategi tersebut adalah coping yang dibagi menjadi problem-focused coping dan emotion-focused coping. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan stres akademik dengan intensitas jenis coping style mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian melibatkan 160 partisipan mahasiswa tingkat akhir jenjang S1 yang sedang mengerjakan skripsi. Domisili tempat tinggal dan kampus partisipan berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Terdapat 61.9% partisipan berjenis kelamin perempuan dan 38.1% partisipan berjenis kelamin laki-laki. Penelitian didominasi oleh partisipan berusia 22 tahun dengan persentase sebesar 43%. Dalam melihat hubungan antar kedua variabel, penelitian menggunakan alat ukur Student-Life Stress Inventory (SLSI) untuk mengukur variabel stres akademik dan Brief COPE untuk mengukur variabel coping style. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan coping style. Namun setelah dilihat lebih jauh, terdapat signifikansi antar beberapa dimensi pada kedua variabel. Akan tetapi, koefisien korelasi yang diperoleh tidak terlalu besar. Diskusi membahas mengenai terlalu umumnya kerangka alat ukur coping style sehingga terdapat jenis coping yang tidak relevan dengan mahasiswa. Maka dari itu, saran penelitian berkaitan dengan pemilihan alat ukur variabel coping style yang lebih spesifik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)