Pada era teknologi saat ini, sangat terlihat bahwa persaingan dalam dunia bisnis menjadi sangat kompetitif. Terutama dalam bisnis food and beverage yang merajalela dengan inovasi yang beragam. Maka dari itu, pemilik bisnis food and beverage ini akan mencari dan menggunakan faktor-faktor yang dapat memberikan bisnis yang dimilikinya menjadi lebih ramai. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi dalam bisnis food and beverage. Terutama dalam keadaan pandemi saat ini, teknologi akan menjadi perantara bagi pelanggan dan pelayan tanpa harus melakukan kontak langsung. Salah satu faktor penting lainnya adalah dari kepuasan pelanggan itu sendiri. Dengan memiliki pelanggan yang puas akan pelayanan ataupun makanan yang diberikan, maka terdapat kemungkinan besar bahwa pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan tetap. Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dapat menggunakan cara kuesioner, tetapi kuesioner akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses pengolahan data lanjutannya. Maka dari itu, dibutuhkan cara lain untuk menggantikan sistem kuesioner dalam mencari tingkat kepuasan pelanggan, yaitu dengan menggunakan inovasi teknologi yang terbaru berupa face recognition. Tentunya dengan implementasi face recognition untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan akan membutuhkan pengukuran tingkat akurasi database yang digunakan. Penelitian ini akan dilakukan pada Le Café dengan menggunakan teknologi face recognition dan importance satisfaction analysis untuk mengetahui akurasi dari software Face Reader Online dan memperbaiki atribut yang perlu ditingkatkan. Data yang digunakan merupakan data rekaman yang akan diolah menggunakan software dan kuesioner sebagai pembanding serta pengolahan importance satisfaction analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat akurasi dari software Face Reader Online untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebesar 59% dan Le Café perlu meningkatkan suasana ruangan, keamanan, respons pramusaji, konsistensi pada kebersihan serta kecepatan dan ketepatan pramusaji dalam melayani pelanggan, dan meja serta kursi yang lebih ergonomis. |