Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:46 WIB
Detail
BukuGambaran Polychronicity Mahasiswa Aktivis Organisasi di Tengah Pembelajaran Online
Bibliografi
Author: Ezralita, Angelica Hevenli ; Tunjungsari, Harini (Advisor)
Topik: polychronicity; pembelajaran online; organisasi mahasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pembelajaran online membuat pembelajaran dapat dilakukan dimana saja. Namun dibalik manfaat tersebut terdapat tantangan yang harus dihadapi ketika melakukan pembelajaran online. Tantangan tersebut salah satunya adalah kecenderungan mahasiswa melakukan aktivitas lain (polychronicity) dalam pembelajaran online. Mahasiswa aktivtis organisasi memiliki tuntutan kerja yang mengharuskan cepat berespon pada pihak yang menghubungi, termasuk ketika masih dalam pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran polychronicity pada mahasiswa anggota HIMAPSI divisi public relation relation.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif eksploratif. Metode sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Dari metode sampling tersebut, peneliti melibatkan enam anggota HIMAPSI divisi public relation yang masih melakukan pembelajaran online. Data penelitian didapatkan peneliti melalui wawancara secara online dengan wawancara semi-structured. Penelitian ini akan diolah menggunakan analisis tematik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua partisipan pernah melakukan polychroncity. Polychronicity yang pasti dilakukan adalah mengerjakan tugas organisasi dan tugas mata kuliah lain. Tugas organisasi yang dilakukan oleh para partisipan karena adanya rasa tanggung jawab mahasiswa kepada organisasi walaupun HIMAPSI tidak mewajibkan untuk melakukan tugas di tengah pembelajaran. Tugas mata kuliah lain dilakukan karena adanya pengerjaan waktu tugas yang dekat dengan jadwal waktu pengumpulan. Tugas organisasi dan tugas mata kuliah lain dilakukan ketika metode belajar yang hanya menerapkan lecturing atau pembelajaran tidak interaktif. Polychronicity tidak mempengaruhi hasil belajar para partisipan, namun para partisipan menyadari bahwa hasil belajar dapat lebih baik ketika tidak melakukan polychronicity.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)