Anda belum login :: 23 Nov 2024 23:22 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Komunikasi Suportif Keluarga yang Diperoleh Mahasiswa Psikologi Tingkat Akhir dalam Mengerjakan Skripsi
Bibliografi
Author:
Abubakar, Jasmin Callista
;
Ganjar, M. Adi
(Advisor)
Topik:
Komunikasi suportif keluarga
;
Orang tua
;
Mahasiswa psikologi
;
Skripsi.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000111, Jasmin Callista Abubakar, M. Adi Ganjar, Komunikasi Suportif Keluarga yang Diperoleh Mahasiswa Psikologi Tingkat Akhir dalam Mengerjakan Skripsi, 28 Juli 2023.pdf
(754.91KB;
23 download
)
201907000111_Jasmin Callista Abubakar_Lembar Administrasi.pdf
(448.09KB;
1 download
)
Abstract
Komunikasi suportif keluarga merupakan dukungan yang penting terhadap mahasiswa selama penulisan skripsi. Meskipun sudah di kategorikan sebagai remaja akhir, anak tetap membutuhkan bimbingan dan dukungan oleh orang tua selama proses pengerjaan skripsi. Sebagai orang tua yang erat perannya dengan pemberian dukungan terhadap anak, maka dapat dilihat bagaimana dukungan yang diberikan terhadap anak yang sedang dalam rintangan dapat dipelajari lebih lanjut dengan melihat aspek-aspek penyebab, faktor yang mempengaruhinya, serta dampak penyebab kesehariannya. Melalui penelitian ini, dukungan komunikasi suportif keluarga terhadap anak diteliti lebih lanjut dengan melihat fungsi orang tua terhadap anak yang sedang mengalami tantangan dalam penulisan skripsi. Penelitian ini menggunakan teori Simonsen dam Reyes,2003 yang mengatakan komunikasi suportif merupakan bentuk perilaku verbal dan non-verbal yang dilakukan dengan tujuan utama meningkatkan kondisi psikologis dan emosional dari orang yang diajak bicara sehingga mereka mampu mengatasi masalahnya, dan tidak hanya berupa dukungan informasi. Teori ini juga memiliki tujuh dimensi yaitu empati, menghargai, ketulusan, menerima, tidak menghakimi, memberdayakan, dan kerahasiaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskripsif yang berfokus untuk menjawab penelitian secara menyeluruh dan mendalam dengan teknik analisis tematik. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur yang telah melalui proses kodifikasi berdasarkan aspek-aspek konstruk dari teori. Jumlah partisipan sebanyak enam orang mahasiswa psikologi yang mengerjakan skripsi dua semester atau lebih pada universitas X di Jakarta. Selain itu memiliki kedua orang tua utuh seperti orang tua kandung, sambung, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi suportif keluarga terhadap anak yang sedang mengerjakan skripsi merupakan hal yang penting untuk membantu proses penulisan skripsi anak. Bentuk komunikasi suportif yang diberikan orang tua terhadap anak berupa dukungan motivasi dan materi. Dukungan komunikasi suportif yang diberikan terbukti membantu anak untuk menyelesaikan proses penulisan skripsi. Hal ini menjelaskan dengan tidak adanya komunikasi suportif keluarga dapat menghambat penulisan skripsi yang membuat kelulusan anak tidak tepat waktu.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)