Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Dampak Strategi Pemasaran Epic Games Store Terhadap Loyalitas Pengguna Steam
Bibliografi
Author:
Suganda, Julian Abel
;
Isololipu, Kurnianing
(Advisor)
Topik:
Strategi Pemasaran
;
Promosi
;
Strategi Promosi
;
Loyalitas Pengguna.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2018-0251-0005_Julian Abel Suganda_Lembar Administratif.pdf
(1,010.1KB;
8 download
)
Julian Abel Suganda_Undergraduated Thesis.pdf
(2.54MB;
13 download
)
Abstract
Epic Games Inc merupakan perusahaan pengembang software dan game yang berbasis di North Carolina, Amerika Serikat. Epic Games Inc memliki sebuah aplikasi atau platform bernama Epic Games Store sebagai tempat mereka untuk menjual produk-produk dan software yang mereka miliki kepada para developer dan gamers. Epic Games Store sendiri sebagai platform penyedia software dan game tentunya memiliki pesaing yang sudah sangat lama ada dalam industri game, yaitu Steam. Steam merupakan platform atau aplikasi pengembang software dan game yang sudah ada sejak tahun 2002, berbeda dengan Epic Games Store yang baru tersedia pada tahun 2018. Lamanya Steam dalam industri tersebut membuat Epic Games Inc melakukan startegi pemasaran untuk menarik minat para pengguna Steam untuk mencoba dan beralih ke aplikasi Epic Games Store Karena hal tersebut penulis ingin mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan Epic Games Store berhasil dan dapat mempengaruhi loyalitas para pengguna Steam untuk beralih menggunakan Epic Games Store.
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa teori mendasar mengenai strategi pemasaran dan loyalitas pengguna. Seperti teori marketing mix dari Kotler dan Amstrong (2017) dan teori loyalitas pengguna dari Tjiptono (2011) dalam Robby (2017).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan terhadap beberapa pengguna aplikasi atau platform Epic Games Store dan Steam yang telah menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah berupa wawancara dengan tatap muka langsung dengan informan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Epic Games Inc berhasil dalam menarik pengguna Steam untuk mencoba aplikasi Epic Games Store melalui strategi pemasaran lewat promosi pemberian game-game gratis bulanan yang mereka berikan, tetapi mereka gagal untuk membuat para pengguna Steam beralih ke Epic Games Store, karena mereka tidak memberikan kualitas pelayanan dan fitur yang baik dibandingkan dengan yang Steam berikan kepada para penggunanya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.34375 second(s)