Anda belum login :: 23 Nov 2024 17:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kontribusi Academic Self-efficacy dan Kecerdasan Emosional Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Kuliah Kerja Praktik
Bibliografi
Author:
Fiona, Clarensia Jessica
;
Kembaren, Esther Muliana
(Advisor)
Topik:
Academic Self-efficacy
;
Kecerdasan Emosional
;
Academic Burnout
;
Mahasiswa
;
Kuliah Kerja Praktik
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000025_Clarensia Jessica Fiona_Esther Muliana Kembaren, M.Si., Psikolog_Kontribusi Academic Self-efficacy dan Kecerdasan Emosional Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Kuliah Kerja.pdf
(2.56MB;
9 download
)
201907000025_Clarensia Jessica Fiona_LembarAdministrasi.pdf
(2.31MB;
2 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi academic self-efficacy dan kecerdasan emosional terhadap academic burnout pada mahasiswa yang mengikuti kuliah kerja praktik. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kerja praktik tetap harus menjalani perkuliahan dengan beberapa beban SKS sehingga harus membagi waktu dan tanggungjawab antara bekerja dan perkuliahan. Hal ini membuat mahasiswa merasakan kelelahan baik secara fisik maupun mental serta kesulitan mengelola emosi diri. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan alat ukur academic self-efficacy scale dari Bandura, Goleman’s Emotional Intelligence Questionnaire dari Goleman, serta Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) dari Schaufeli, Martínez, Marqués-Pinto, Salanova, dan Bakker yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Penelitian mendapatkan 153 partisipan yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang sedang ataupun sudah menjalani kuliah kerja praktik. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi berganda dikarenakan terdapat tiga variabel yang akan diukur. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, academic self-efficacy terhadap academic burnout mendapatkan nilai p sebesar <0.001 serta nilai p untuk kecerdasan emosional terhadap academic burnout adalah sebesar 0.145. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh atau hubungan antara academic self-efficacy dan kecerdasan emosional terhadap academic burnout. Saran yang dapat diberikan kepada program studi adalah dapat menyusun sebuah seminar atau coaching bagi mahasiswa terkait academic self-efficacy dan kecerdasan emosional.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.234375 second(s)