Anda belum login :: 24 Nov 2024 04:41 WIB
Detail
BukuMentaichi
Bibliografi
Author: Cinlivia, Clara ; Hardianto, Antonius Widi (Advisor)
Topik: business plan; rencana bisnis; mentai; Five Porters; SWOT
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mentaichi merupakan sebuah usaha rumahan yang menjual mentai plant based atau mentai yang terbuat dari bahan-bahan nabati seperti mayonnaise yang terbuat dari bahan baku kacang kedelai tanpa campuran susu dan telur, serta topping yang terbuat dari bahan nabati seperti terong, tahu dan jamur. Mentaichi ini dimulai dari tumbuhnya kesadaran mengenai pola hidup sehat dan kesukaan penulis yang menggemari makanan khas Jepang seperti mentai dan sushi namun takut dengan jumlah kalori serta kadar lemak yang terkandung di dalamnya. Saat ini sudah banyak bisnis makanan Jepang di tanah air seperti usaha mentai, namun penulis melihat bahwa masih belum banyak usaha mentai yang menjual mentai yang berbahan dasar nabati. Penulis melakukan analisis potensi pasar dan posisi usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT dan Porter 5 Forces Model. Dari data-data yang telah dikumpulkan, mendukung bisnis Mentaichi yang menyediakan produk mentai dengan konsep plant based atau berbahan baku nabati yang pemesanan dan pengantarannya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi layanan online food delivery atau aplikasi layanan antar. Dalam melakukan promosi, Mentaichi menggunakan media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Target konsumen dari Mentaichi yaitu Masyarakat yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara dengan usia 19 – 34 tahun. Kegiatan operasional Mentaichi tersusun dan terbagi dari tahap awal pemesanan bahan baku hingga produk diterima oleh konsumen. Fasilitas rumah produksi berlokasi Jl. Kayu Jati 3 No. 5, Rawamangun, Jakarta Timur. Mentaichi memiliki enam varian mentai rice dengan harga mulai dari Rp 42.000 hingga Rp 68.000. Struktur organisasi usaha terdiri dari pemilik yang membawahi staff produksi, staff pelayanan dan staff promosi (Digital Marketing) dengan deskripsi pekerjaanya masing-masing. Seluruh karyawan melalui proses rekrutmen dan seleksi berdasarkan kualifikasi umum dan khusus yang telah ditetapkan. Investasi awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha mentai plant based ini adalah sebesar Rp 46,505,875 perkiraan penjualan per bulan dari keenam varian menu mentai tersebut adalah 1.350 pcs. Berdasarkan perhitungan total penjualan selama satu bulan memperoleh pendapatan sebesar Rp 79,759,026 dengan total biaya operasional per bulan sebesar Rp 56,044,521 dan total laba pertahun nya sebesar Rp 284,574,067. Melalui analisis biaya dan pasar ini, maka dapat disimpulkan bahwa Mentaichi dapat dijalankan sebagai sebuah usaha.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)