Anda belum login :: 24 Nov 2024 17:38 WIB
Detail
BukuTingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Penjaringan Pada Tahun 2023
Bibliografi
Author: Kurniawan, Angeline ; Arrang, Sherly Tandi (Advisor); Notario, Dion (Advisor)
Topik: Tingkat Kepuasan; Puskesmas. Pelayanan kefarmasian
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Farmasi - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: Angeline Kurniawan_Undergraduated Thesis_2023.pdf (697.46KB; 0 download)
Abstract
Kesehatan merupakan hak setiap manusia. Salah satu upaya pemerintah untuk menjamin kesehatan semua masyarakat adalah dengan memberikan fasilitas layanan kesehatan. Salah satu fasilitas layanan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah adalah Puskesmas. Kualitas pelayanan perlu diukur untuk melihat kinerja dan keberhasilan dari layanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien adalah salah satu indikator keberhasilan layanan kesehatan. Pelayanan kefarmasian adalah salah satu bentuk layanan kesehatan yang ada di Puskesmas. Belum ada penelitian mengenai tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Penjaringan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Penjaringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, menggunakan kuisioner. Tingkat kepuasan pelayanan mengukur 5 dimensi pelayanan (responsiveness, assurance, empathy, reliability dan tangibles). Jumlah responden pada penelitian ini adalah 110 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden merasa puas untuk 5 dimensi pelayanan. Berdasarkan hasil pemetaan pada diagram kartesius Importance Performance Analysis, dimensi pelayanan yang perlu ditingkatkan adalah Responsiveness, Reliability, dan Tangibles. Hasil analisis multivariat menunjukkan tidak terdapat pengaruh faktor kelamin, usia, status bekerja, dan total kunjungan terhadap tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)