Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi menu dan juga metode penyajian minuman kopi terhadap konsumen. Minuman kopi merupakan asupan yang setiap hari dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia, baik itu sebagai gaya hidup, untuk menemani saat bersantai atau berkumpul bersama teman dan kerabat, hingga untuk memenuhi asupan kafein untuk memulai hari agar tidak kelelahan. Akan tetapi selera penikmat kopi ternyata ada perbedaan untuk berbagai generasi, utamanya yaitu generasi tua dan muda dimana masing-masing generasi memiliki preferensi mereka sendiri mengenai citra rasa dalam minuman kopi mereka. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara dalam bentuk tatap muka dan juga online meeting yang berumur 16 tahun - 60 tahun di Jakarta. Jumlah narasumber yang dikumpulkan sebanyak 10 orang dengan metode deskriptif kualitatif, dan dalam bentuk wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ternyata jumlah variasi menu dan juga variasi metode penyajian dapat memberikan opsi yang luas bagi konsumen untuk mengeksplorasi berbagai citra rasa, dan juga dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk kembali. |