Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:11 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Pendekatan Pakem untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik  
Oleh: Samino, M. Francine Avanti
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 10 no. 1 (May 2012), page 17-30.
Topik: Pendekatan PAKEM; Keaktifan Mahasiswa
Fulltext: francine_Ros.pdf (14.58KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKeaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran merupakan salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi mahasiswa untuk belajar. Salah satu cara meningkatkan partisipasi aktif siswa dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PAKEM dapat membuat mahasiswa lebih berani dan mampu mengungkapkan ide dengan memberikan argumen yang rasional terhadap topik yang sedang dibahas, mampu mengajukan pertanyaan yang bersifat kritis, mulai mampu mengungkapkan pendapat dan saling menanggapi sehingga mahasiswa tidak lagi hanya sebagai pendengar tetapi terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan PAKEM dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa di kelas. SUbjel penelitian adalah 45 mahasiswa FKIP prodi PGSD Unika Atma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa di kelas. Suasana yang tercipta lebih menarik sehingga mahasiswa tidak mudah cepat bosan, dapat membangkitkan minat dan pengusaan mahasiswa terhadap materi kuliah serta membangkitkan minat untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi kuliah yang sedang dipelajari.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)