Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Life Skills dan Perkembangan Tahapan Karir pada Siswa Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sekolah Y
Bibliografi
Author:
Cristina, Natascha
;
Handayani, Penny
(Advisor)
Topik:
Autism Spectrum Disorder (ASD)
;
life skills
;
perkembangan tahapan karir
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000014_Natascha Cristina_Lembar Administrasi.pdf
(718.68KB;
2 download
)
201907000014, Natascha Cristina, Penny Handayani, M.Psi, Gambaran Life Skills dan Perkembangan Tahapan Karir pada Siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sekolah Y, 28 Juli 2023.pdf
(2.02MB;
4 download
)
Abstract
Jumlah penyandang autisme di Indonesia telah mencapai 2,4 juta jiwa. Siswa ASD memiliki keterbatasan terhadap fungsi sosial, keterbatasan dalam kemampuan berkomunikasi dan berperilaku. Keterbatasan tersebut menjadi faktor pengaruh utama dalam memilih karir yang akan ditempuhnya. Mengingat hal tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk melihat gambaran life skills dan perkembangan tahapan karir pada siswa ASD di Sekolah Y. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode mixed methods dengan desain convergent parallel. Pengumpulan data diawali dengan metode kualitatif melalui wawancara kemudian dilanjutkan dengan metode kuantitatif melalui pengisian behavior checklist. Jumlah partisipan sebanyak 5 siswa ASD yang bersekolah di Sekolah Y yang telah menempuh pendidikan selama minimal tiga tahun. Mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh siswa ASD, pengumpulan informasi dilakukan pada guru (narasumber pertama) dan pengasuh dari masing-masing siswa (narasumber kedua). Strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah thematic analysis dan descriptive statistic. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa kelima siswa penyandang ASD di Sekolah Y memiliki penguasaan life skills yang sudah cukup baik khususnya pada kecakapan personal dan kecakapan sosial, sedangkan untuk kecakapan akademik dan kecakapan vokasional masih cenderung terbatas karena masih harus disesuaikan dengan kemampuan dan hambatan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dari segi perkembangan tahapan karir, terdapat tiga partisipan yang sudah berada pada perkembangan tahapan karir yang sesuai dengan usianya. Dukungan orang tua, guru, dan significant others lainnya dalam membantu siswa ASD mengenali minat, bakat, kelebihan dan kekurangannya akan sangat berperan bagi kemampuan perencanaan karir yang lebih baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)