Anda belum login :: 27 Nov 2024 05:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN KONSUMEN, CUSTOMER ENGAGEMENT, DAN KECENDERUNGAN IMPULSE BUYING DALAM PENJUALAN LIVE STREAMING TIKTOK
Bibliografi
Author:
Putri, Cecilia Nadia
;
Dahesihsari, Rayini
(Advisor)
Topik:
Kepercayaan Konsumen
;
Customer Engagement
;
Kecenderungan Impulse Buying
;
TikTok
;
Live Streaming.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000020_Cecilia Nadia Putri_LembarAdministrasi.pdf
(1.42MB;
5 download
)
201907000020, CECILIA NADIA PUTRI, RAYINI DAHESIHSARI, HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN KONSUMEN, CUSTOMER ENGAGEMENT, DAN KECENDERUNGAN IMPULSE BUYING,27JUNI2023.pdf
(1.62MB;
18 download
)
Abstract
Penjualan live streaming mulai marak terjadi di Indonesia salah satunya melalui TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan konsumen dengan customer engagement dan kecenderungan impulse buying pada konsumen TikTok Live Indonesia. Metode penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 242 konsumen TikTok Live dan pengambilan data menggunakan non-probability sampling yaitu convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi pada kedua hipotesis penelitian. Penelitian ini juga menguji korelasi dengan usia dan uji beda dengan data demografis.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kepercayaan konsumen dengan customer engagement dan kecenderungan impulse buying. Hasil korelasi usia menunjukkan hubungan yang lemah dengan customer engagement dan kecenderungan impulse buying serta hubungan yang sangat lemah dengan kepercayaan konsumen. Uji beda pada kepercayaan konsumen membuktikan tidak terdapat perbedaan untuk tahun penggunaan TikTok dan gender, tetapi terdapat perbedaan frekuensi menonton, durasi menonton, dan frekuensi pembelian produk. Pada customer engagement, hanya kategori gender yang tidak menunjukkan adanya perbedaan sedangkan keempat kategori lainnya terdapat perbedaan. Pada kecenderungan impulse buying tidak terdapat perbedaan untuk tahun penggunaan dan frekuensi menonton, tetapi terdapat perbedaan pada gender, durasi menonton, dan frekuensi pembelian produk. Implikasi dari penelitian ini adalah TikTok Live menjadi salah satu media penjualan yang menjanjikan. Konsumen TikTok Live memiliki benevolence dan attention yang tinggi sehingga penjual dapat fokus memberikan produk terbaik serta membuat penjualan semenarik mungkin untuk mempertahankannya. Konsumen di TikTok Live juga memiliki kecenderungan impulse buying yang tinggi terutama dari sisi afektif sehingga calon konsumen perlu berhati-hati sebelum membeli agar dapat mempertahankan keputusan pembelian yang rasional.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)