Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:40 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Matematika Realistik Siswa Kelas IV Santo Antonius Matraman  
Oleh: ANDRIANI, FIKTA
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 9 no. 2 (Oct. 2011), page 94-103.
Topik: Pemahaman Konsep; Pembelajaran Matematika Realistik
Fulltext: fikta_Ros.pdf (106.12KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik pada materi luas segitiga dan jajar genjang siswa kelas IV SD Antonius Matraman. Subyek penelitian ini adalah guru kelas sekaligus observer, dan 30 siswa kelas IV B. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes pemahaman konsep. Hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif dan hasil tes pemahaman konsep yang didapat dicari rata-ratanya dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil yang dicapai siswa, menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistk dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)