Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:02 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery untuk Pemahaman Konsep IPA Materi Bumi dan Alam Semesta pada Siswa Kelas IIC SD Santa Theresia  
Oleh: WAHYUNI, ELISABETH TRI
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 9 no. 2 (Oct. 2011), page 78-93.
Topik: Model Pembelajaran Inquiry Discovery; Pemahaman Konsep; Pembelajaran IPA di SD
Fulltext: yuni_Ros.pdf (94.5KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelJenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIC SD St. Theresia yang berjumlah 28 orang siswa, peneliti dan satu observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pada siklus 1 siswa dilatih untuk dapat mengidentifikasi gerak semu matahari, terjadinya siang dan malam. Siswa melakukan lima tahapan inquiry discovery untuk menemukan konsep gerak semu matahari dan bumi berputar pada porosnya yang akan mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Pada siklus II dilakukan untuk lebih memantapkan lima tahapan inquiry discovery sama seperti siklus I. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dapat memahami konsep IPA materi bumi dan alam semesta dengan penerapan model pembelajaran inquiry discovery. Guru disarankan menggunakan model pembelajaran inquiry discovery sehingga kegiatan pembelajaran IPA dapat bermakna dan menyenangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)