Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Mikrotransaksi dalam Video Game dengan Adiksi Video Game di Kalangan Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author:
Ricky, Reinardus Alexander
;
Lilis
(Advisor);
Agus, Dharmady
(Advisor)
Topik:
Mikrotransaksi dalam video game
;
adiksi video game
;
mahasiswa pre-klinik
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Reinardus Alexander Ricky_RegKTI_2020.pdf
(264.05KB;
4 download
)
Reinardus Alexander Ricky_LembarAdministrasi.pdf
(186.5KB;
0 download
)
Abstract
Latar Belakang: Adiksi video game adalah sebuah gangguan pengendalian atas keinginan untuk bermain video game yang disebabkan oleh kebiasaan bermain video game dengan intensitas tinggi secara terus-menerus. Salah satu pemicu hal tersebut adalah melakukan mikrotransaksi dalam video game. Mikrotransaksi adalah sejumlah pembelian di dalam video game dengan menggunakan mata uang asli. Mikrotransaksi dapat mempermudah permainan, mengubah penampilan karakter di dalam video game, dan memperoleh benda-benda virtual langka. Hal ini diperkirakan dapat meningkatkan intensitas dan durasi bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mikrotransaksi dalam video game dengan adiksi video game pada mahasiswa kedokteran di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional-analitik dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 70 responden yang berasal dari mahasiwa kedokteran Unika Atma Jaya Jakarta angkatan 2016-2018 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui online survey yang disebarkan ke seluruh grup PBL di setiap angkatan. Penilaian adiksi video game dilakukan dengan menggunakan Video Game Addiction Test (VAT) dan penilaian mikrotransaksi dalam video game dilakukan dengan menggunakan kuesioner mikrotransaksi. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan program komputer.
Hasil: Berdasarkan jenis kelamin, jumlah responden pria sama dengan wanita. Diperoleh prevalensi adiksi video game pada mahasiswa sebanyak 32,9%. Prevalensi mahasiswa yang melakukan mikrotransaksi dalam video game adalah sebanyak 41,4%. Didapatkan hubungan yang bermakna antara mikrotransaksi dalam video game dengan adiksi video game melalui uji chi square (p = 0,001), dengan odds ratio sebesar 6.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara mikrotransaksi dalam video game dengan adiksi video game.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)