Di era modern ini, konsumen dapat mengakses sebagian besar produk yang ada di pasar internasional dan salah satunya adalah apparel products. Apparel products yang ditawarkan di dalam pasar sangat beragam karena banyak konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun di dalam pasar saat ini, ada banyak sekali vendor yang menjual apparel products salah satunya adalah casual footwear dan banyak juga yang menjual counterfeit product. Counterfeit product sendiri merupakan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang menjual apparel products, di dalam hal ini banyak konsumen yang lebih condong membeli counterfeit product dikarenakan harga nya yang relatif lebih murah walaupun tidak dapat dipungkiri kalau banyak konsumen yang membeli produk berdasarkan fungsinya tanpa mengetahui produk yang dibeli merupakan counterfeit product. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention of counterfeit casual footwear Nike.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. SmartPls digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan variabel mana yang mempengaruhi purchase intention of counterfeit casual footwear Nike. Ada total lima variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, product knowledge. Social risk perception, brand consciousness, attitude, dan purchase intention. Pengumpulan data di dalam penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form dan penyebaran kuesioner ini telah berhasil mendapatkan 185 responden dengan rata-rata umur 17-41 tahun yang merupakan pekerja, berdomisili di JABODETABEK, dan mengetahui tentang counterfeit product Nike.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa variabel seperti product knowledge, brand consciousness, social risk perception dan attitude berpengaruh signifikan terhadap consumers purchase intention of counterfeit casual footwear Nike. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa attitude memediasi pengaruh product knowledge, dan brand consciousness secara signifikan terhadap purchase intention of counterfeit casual footwear Nike, sedangkan social risk perception tidak berpengaruh terhadap purchase intention of casual footwear Nike meskipun di mediasi oleh attitude. |