Anda belum login :: 17 Feb 2025 12:57 WIB
Detail
ArtikelEvaluasi Tipikal Zona Selamat Sekolah pada Jalan Arteri Primer yang Masuk Wilayah Perkotaan (Evaluation of Typical School Safety Zone on the Primary Arteries Road in Urban Areas)  
Oleh: Hidayat, Edwin
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 29 no. 1 (Apr. 2012), page 47-57.
Topik: Zona Selamat Sekolah (ZoSS); Level of Service (LOS); V.C Rasio; Kecepatan; Rakayasa Lalu Lintas
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelAngka kecelakaan di Indonesia tiap tahun cenderung menungkat, dengan jumlah korban kecelakaan usia anak sekolah yang cukup tinggi. Salah satu alternative untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Zona Selamat Sekolah (ZoSS). ZoSS didefinisikan sebagai lokasi diruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan di lingkungan sekolah. ZoSS didesain agar kendaraan yang melewati daerah tersebut berkecepatan rendah sehingga memberikan waktu reaksi antisipasi gerakan anak sekolah dasar yang bersifat spontan dan tak terduga. Evaluasi dilakukan pada ZoSS yang berada pada jalan 4 lajur 2 arah terbagi, dilakukan dengan mengukur kecepatan kendaraan dengan analisis statistik uji Z, kinerja jalan dengan MKJI 1997, serta mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat menggunakan metode sosial induktif dengan analisa deskriptif. Hasil dari penelitian tersebut, menunjukkan kecepatan rata-rata kendaraan saat melintas ZoSS adalah 36.2 km/jan dimana melebihi standar yang seharusnya <25 km/jam. Kemudian V/C rasio sebesar 0.48 sehingga kinerja jalan termasuk Level Of Service C. Sedangkan persepsi penyeberang jalan, terdapat 25% penyeberang jalan yang menyeberang tidak pada fasilitas penyeberang (ZoSS), serta 6\8% responden mengalami kesulitan menyeberang karena kecepatan kendaraan yang terlalu tinggi sehingga perlu dibuat rekayasa lalu lintas (penambahan rambu) untuk mengurangi kecepatan agar sesuai dengan standar perencanaan dan upaya untuk memberikan penyadaran terhadap keselamatan dijalan raya kepada masyarakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)