Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perkiraan Tebal Lapisan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Jaringan Syaraf Tiruan Tipe Radial Basis (The Prediction of Pavement Layer Thickness Using Neural Network of Radial Basis)
Oleh:
Siegfried
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Jalan-Jembatan vol. 29 no. 1 (Apr. 2012)
,
page 26-33.
Topik:
Jaringan Syaraf Buatan Tipe Radial Basis
;
Lendutan FWD
;
Tebal Lapisan Perkerasan
;
Uji Tidak Merusak
;
Lalu Lintas Tinggi
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ9
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Didalam sistem manajemen pemeliharaan jalan, kebutuhan informasi mengenai tebal lapisan perkerasan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Informasi ini digunakan terutama untuk melakukan perhitungan kekuatan struktural perkerasan yang ada. Saat ini pengumpulan data tebal perkerasan ini dilakukan degnan menggunakan metoda konvensional seperti pembuatan sumur uji (sumur uji) ataupun pengambilan contoh inti (core drill). Metoda-metoda seperti ini kurang efektif terutama apabila dilakukan pada ruas-ruas jalan yang bervolume lalu lintas tinggi yang dapat mengganggu lalu lintas. Metoda lain yang sering digunakan adalah uji tidak merusak (non destructive test) seperti Ground Penetrating Radar (GDR), Spectral Analysis of Surface Wave (SASW) dan jaringan syaraf tiruan (Artificial Neural Network). Metoda jaringan syaraf tiruan mengadopsi mekanisme kerja dari jaringan syaraf biologis didalam merespons suatu aktivitas. Untuk penentuan tebal lapisan perkerasan jalan dengan memanfaatkan data FWD dan metoda jaringan syaraf tiruan ini, pembuatan data pelatihan dilakukan dengan menggunakan program KENPAVE. Pendekatan prediksi tebal lapisan perkerasan menggunakan jaringan syaraf tiruan (neural network) telah mulai dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Dengan berkembangnya metoda jaringan syaraf buatan dimana salah satu metoda terbarunya adalah radial basis, makalah ini akan mencoba untuk melihat kemungkinan penggunaan metoda tipe ini untuk memprediksi tebal lapisan perkerasan dengan menggunakan data lendutan FWD. Hasil yang didapat cukup akurat dimana hasil perhitungan menggunakan metoda jaringan syaraf buatan tipe radial basis memberikan nilai yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan hasil pengujian sumur uji. Untuk perkiraan tebal lapisan aspal error yang didapat adalah sebesar 6.5% dan 10.8% untuk lokasi Jatibarang dan Jagorawi. Sedangkan untuk perkiraan tebal lapisan granular error yang didapat adalah 8.9% dab 6.3% untuk lokasi yang sama.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)