Anda belum login :: 23 Nov 2024 18:20 WIB
Detail
Artikelkapasitas Dasar Jalan Bebas Hambatan (Basic Capacity for Freeway)  
Oleh: Iskandar, Hikmat
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 29 no. 1 (Apr. 2012), page 13-25.
Topik: Rekayasa Lalu Lintas; Arus Lalu Lintas; Hubungan Kecepatan-Kepadatan; Kapasitas Jalan; Ekivalen Kendaraan Ringan
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSejak Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI'97) dirumuskan 14 tahun yang lalu, banyak hal dalam perlalu lintasan di Indonesia yang berubah, terutama populasi kendaraan dan regulasinya, yaitu UU No.38/2004 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan peraturan-peraturan turunannya. Beberapa pakar dan praktisi jalan berpendapat, perlu dilakukan evaluasi terhadap MKJI'97 terkait dengan perubahan tersebut. Latar belakang ini mendasari dilakukannya kegiatan pengkinian MKJI'97 yang ada pada makalah ini didiskusikan dengan fokus memutakhirkan ekivalen kendaraan ringan (ekr) dan utamanya kapasitas dasar (Co) Jalan Bebas Hambatan (JBH). Ada beberapa cara untuk penetapan ekr, diantaranya pendekatan kapasitas, kecepatan, dan waktu antara. Cara lain yang dikembangkan adalah cara perbandingan penggunaan ruang lajur jalan oleh kendaraan-kendaraan. Cara penetapan Co menggunakan pendekatan pemodelan matematis hubungan antara kecepatan dan kepadatan. Pada tahun 2011, dikumpulkan sample data arus lalu lintas di 15 ruas JBH di Indonesia. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa nilai ekr mengalami perubahan dari nilai yang dipakai MKJI'97. Nilai Co yang ditetapkan dari pemodelan non-linear menunjukkan peningkatan sebesar 4.3%-8.7%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)