Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:00 WIB
Detail
BukuEvaluasi Aktivitas LST Pada Institusi Pendidikan Tinggi Berdasarkan Persepsi Mahasiswa (artikel Jurnal CSDS Vol.1 No.1 Juni 2022)
Bibliografi
Author: Inderawati, Maria Magdalena Wahyuni ; Huang, PoTsang B. ; Yang, Ching-Chow ; Sukwadi, Ronald
Topik: lingkungan; sosial; tata kelola; evaluasi LST; mahasiswa; JABFUNG-FT-RS-2023-08
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika     Tempat Terbit: Surabaya    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: Bunga Rampai CSDS 2022.pdf (154.87KB; 1 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Institusi pendidikan tinggi perlu berperan aktif dalam isu keberlanjutan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan universitas terkait LST. Penelitian ini dilakukan pada sebuah universitas swasta di Indonesia yang telah melaksanakan berbagai aktivitas terkait isu lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) untuk mendukung pencapaian TPB. Hal ini telah dibuktikan dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan dan partisipasi universitas tersebut dalam UI GreenMetrics. Metode yang diterapkan adalah penyebaran kuesioner kepada responden mahasiswa, dan mahasiswa memberikan respon pada skala Likert 1-5. Hasil menunjukkan bahwa bidang sosial dan tata kelola mendapatkan persepsi baik dari mahasiswa dengan skor persepsi 4, sedangkan bidang lingkungan mendapat skor kurang dari 4. Pendalaman lebih lanjut menunjukkan bahwa universitas masih perlu melakukan perbaikan atas kegiatan penghematan energi, pengelolaan bangunan dan promosi transportasi ramah lingkungan. Hasil studi ini dapat dipakai oleh universitas untuk meningkatkan aspek-aspek yang masih kurang dan mempertahankan aktivitas yang telah baik dari persepsi mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)