PT Gojek Indonesia telah melakukan banyak program CSR yang berawal dari visi perusahaannya untuk memberi dampak sosial dan membantu kehidupan sehari-hari masyarakat menjadi lebih mudah. PT Gojek Indonesia selalu melaksanakan program CSR berdasarkan prinsip-prinsip sustainability atau keberlanjutan. Salah satu program CSR-nya adalah program Beasiswa Gojek untuk membantu keluarga mitra driver dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari program CSR Beasiswa Gojek terhadap pemberdayaan masyarakat. Teori yang digunakan peneliti adalah teori implementasi CSR dengan dimensi ethical responsibility dan philanthropic responsibility sebagai variabel independen, serta teori pendekatan penerapan pemberdayaan dengan dimensi pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokong, dan pemeliharaan sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksplanatif. Perolehan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring kepada 45 mahasiswa penerima beasiswa Gojek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari implementasi CSR Beasiswa Gojek terhadap pemberdayaan masyarakat. Mengikuti hasil analisis regresi linier sederhana yang telah dihitung, didapatkan hasil nilai sig variabel X yaitu 0,114 lebih besar dari sig 0,05. Sehingga, tidak ada pengaruh yang signifikan dari implementasi CSR Beasiswa Gojek terhadap pemberdayaan masyarakat. |