Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak variabel-variabel yang didapat dari kegiatan pemasaran via media sosial (E-WOM, social advertisement, high accessibility information dan online ordering system ), terhadap intensi beli konsumen restoran Indonesia secara langsung. Objek yang diteliti adalah restoran UKM Sop Sapi Iki Oke, dikarenakan penelitian yang menggunakan UKM sebagai objek masih terlalu sedikit. Penelitian ini bertujuan membantu para pemilik UKM mencari tahu, dampak pemasaran media sosial terhadap intensi beli di pasar UKM. Pengumpulan data empiris dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dilakukan secara online menggunakan google form. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden pada penelitian ini yaitu responden yang menjadi followers media sosial dari restoran Sop Sapi Iki Oke. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 111 responden. Pengolahan data menggunakan alat statistik IBM Statistic SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjualan online, EWOM, iklan sosial media dan celebrity endorsement berpengaruh langsung dan signifikan terhadap intensi membeli konsumen. Pengkajian kembali masih perlu dilakukan karena adanya kelemahan dalam penelitian ini yaitu salah satunya koefiesien determinasi yang lemah. |