Salah satu Badan Usaha Milik Negara, PT Angkasa Pura II merupakan perusahaan kebandarudaraan dengan cabang terbanyak di Indonesia. PT Angkasa Pura II dibangun berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 1984. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk menjalankan pengelolaan dan pengusahaan dalam bidang jasa kebandarudaraan dan jasa terkait bandar udara. Sejak tahun 2020, Kementerian BUMN mengarahkan setiap perusahaan yang ada di bawah kuasanya untuk menerapkan nilai budaya ‘AKHLAK’ (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program employee relations budaya Akhlak dalam membangun citra PT Angkasa Pura II. Teori dasar yang digunakan sebagai acuan adalah Public Relations, Employee Relations, Budaya Organisasi, dan Citra. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen sebagai bentuk perolehan data. Peneliti melakukan wawancara dengan dua Senior Manager, dua Senior Officer, dan dua Officer dari Divisi Airport Service PT Angkasa Pura II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Akhlak telah diterapkan oleh segenap entitas PT Angkasa Pura II sejak tahun 2020 dengan mengarahkan setiap divisi atau cabang untuk membuat program budaya masing-masing berdasarkan nilai budaya AKHLAK. Divisi Airport Service menerapkan program budaya SIMPLE & FUN BRO. Implementasi budaya tersebut akhirnya membentuk citra PT Angkasa Pura yang adaptif, harmonis, memedulikan kesejahteraan karyawan, dan mampu bertahan dari krisis perusahaan. |