Sociolla sebagai salah satu perusahaan e-commerce, turut melakukan tanggung jawab sosial. Dalam hal ini, Sociolla memberikan perhatian pada lingkungan melalui kampanye Waste Down Beauty Up. Kampanye Waste Down Beauty Up adalah kampanye yang dibentuk oleh Sociolla untuk mengurangi sampah plastik dan mendorong budaya kecantikan yang lebih peduli dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana efektivitas kampanye public relations Waste Down Beauty Up dalam membangun citra korporat Sociolla berdasarkan pendapat pelanggan. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah public relations, kampanye public relations, Elaboration Likelihood Model, efektivitas kampanye, dan citra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Didapatkan pada hasil penelitian, salah satu tugas public relations adalah membangun hubungan eksternal, yang mana Sociolla melakukan itu melalui kampanye Waste Down Beauty Up. Kampanye tersebut memiliki strategi yang direncanakan dengan baik, dan didapatkan hasil pada penggunaan teori Elaboration Likelihood Model bahwa pada implementasi kampanye Waste Down Beauty Up, masyarakat lebih menggunakan pemikiran jalur pinggiran (peripheral route) dibandingkan dengan jalur tengah (central route) dengan adanya perubahan dalam diri masyarakat dalam janga pendek. Efektivitas kampanye Waste Down Beauty Up dinilai memberikan efek dan efektif, serta proses pembentukan citra pada masyarakat berjalan dengan baik dan mendapati hasil bahwa citra Sosiolla semakin positif dengan adanya kampanye Waste Down Beauty Up. |