Permasalahan sosial yang masih merajalela di Indonesia terutama yang berkaitan dengan ekosistem lautan melahirkan brand skincare lokal Oasea Laboratories yang ramah lingkungan dan animal cruelty free. Tidak hanya memproduksi produk yang ramah lingkungan, Oasea Laboratories juga berkomitmen untuk ikut terlibat dalam upaya konservasi Hiu Tikus di Perairan Alor, Nusa Tenggara Timur melalui strategi komunikasi pemasaran cause related marketing yang diimplementasikan. Oasea Laboratories berkomitmen untuk menyumbangkan 1% total keuntungan bersih kepada organisasi nirlaba Thresher Shark Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran cause related marketing terhadap brand awareness konsumen Oasea Laboratories. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah cause related marketing dengan enam dimensi, yaitu when, why, what, who, where, dan how serta brand awareness dengan empat dimensi, yaitu unware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Obyek dalam penelitian ini adalah brand skincare lokal Oasea Laboratories. Oasea Laboratories merupakan anak perusahaan PT Avo Innovation Technology yang memfokuskan perhatian kepada pelestarian lingkungan, khususnya ekosistem lautan. Oasea Laboratories berkomitmen untuk meluncurkan produk-produk skincare terbarukan guna menciptakan masa depan yang lebih bersih untuk kulit konsumen dan bumi, khususnya lautan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen perolehan datanya. Setelah melakukan penelitian terhadap 100 responden, diketahui bahwa mayoritas responden adalah generasi Z dengan usia 21 tahun. Berdasarkan kegiatan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa cause related marketing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness konsumen Oasea Laboratories. Diketahui bahwa sebesar 71,6% cause related marketing memengaruhi brand awareness konsumen akan Oasea Laboratories. Berdasarkan kegiatan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menyatakan setuju dan sangat setuju dengan masing-masing dimensi pada variabel cause related marketing dan brand awareness. Selain itu, diketahui pula bahwa dimensi where pada variabel cause related marketing merupakan dimensi yang paling efektif dan kuat. Disarankan perusahaan dapat terus menerapkan strategi cause related marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat memperluas kerjasama dengan mitra lain yang memiliki visi dan misi yang relevan dengan Oasea Laboratories. |