Melalui media sosial komunikasi, suatu merek dapat membangun hubungan dengan konsumennya melalui konten sosial media, dimana dengan terciptanya hubungan yang baik antar suatu merek dengan konsumen maka dapat menciptakan loyalitas konsumen terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Social Media Communication terhadap Brand Loyalty dengan mediasi Brand Equity dan Brand Trust. Obyek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu smartphone merek Samsung, menggunakan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner online dalam bentuk google form yang disebarkan ke 110 responden dengan rentang usia 18 – 34 tahun, berdomisili di Jabodetabek, dan sudah berulang kali membeli smartphone Samsung. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa User – Generated Social Media Communication berpengaruh terhadap Brand Equity, Brand Trust, dan Brand Loyalty. Selain itu, Firm – Created Social Media Communication berpengaruh terhadap Brand Trust namun tidak berpengaruh terhadap Brand Equity dan Brand Loyalty. Lalu Brand Loyalty dipengaruhi oleh Brand Equity namun tidak dipengaruhi oleh Brand Trust. Kemudian Brand Equity memediasi pengaruh User – Generated Social Media Communication terhadap Brand Loyalty namun Brand Trust tidak memediasi hubungan tersebut. Dan yang terakhir, Brand Equity dan Brand Trust tidak memediasi pengaruh Firm – Created Social Media Communication terhadap Brand Loyalty. |