Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu dampak penggunaan aplikasi AKSI Sekolah terhadap literasi membaca siswa dalam membangun semangat literasi membaca. Penelitian ini mengulas atau meninjau suatu aplikasi yakni aplikasi AKSI Sekolah dengan dampak yang dihasilkan pada kegaitan pembelajaran. Peneliti memadukan teori – teori literasi membaca dan teori aplikasi AKSI Sekolah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang melibatkan partisipan 4 guru dan 20 siswa di dua sekolah yang berakreditasi kurang dari A dan dijadikan rujukan sekolah aksi Kampus Mengajar program Kemendikbud Ristek di DKI. Jakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi pada SDI Ass’adah Cipinang dan SDN Kembangan Selatan 03 Pagi. Penelitian ini menghasilkan pendapat langsung yang nyata dan jujur dialami oleh pihak siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi AKSI Sekolah. Aplikasi AKSI Sekolah yang telah dibuat pemerintah Kemendikbud Ristek adalah solusi tepat dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meingkatkan literasi membaca siswa. Adanya materi pembelajaran yang mudah di pahami, gambar yang menarik, warna yang beranekaragam, perangkat media yang dapat digunakan sebagai media bersifat fleksibel dan di desain modern mampu memikat minat belajar siswa. |