Peran public relations online kerap digunakan oleh berbagai e-commerce dalam mengelola media sosial untuk meningkatkan citra perusahaan. Salah satu perusahaan yang menggunakan peran public relations online adalah PT Shopee International Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peran public relations online melalui konten TikTok @ShopeeIndonesia terhadap citra perusahaan. Terdapat dua variabel yang diteliti yaitu peran public relations online sebagai variabel pengaruh yang meliputi dimensi interaktif, biaya efisien, memelihara reputasi, dan menjalin hubungan, kemudian citra perusahaan dengan dimensi kepribadian, reputasi, nilai, identitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei menggunakan Google Form. E-kuesioner dibagikan kepada 100 responden yang telah memenuhi kriteria yaitu memiliki dan menggunakan TikTok, dan mengikuti akun TikTok @ShopeeIndonesia dengan usia maksimal 25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran public relations online terhadap citra perusahaan berpengaruh sebesar 72,5%. Meskipun demikian tidak semua dimensi berpengaruh dengan kuat dalam membentuk fenomena yang diteliti. |