Persaingan dalam industri kecantikan membuat berbagai brand saling bersaing untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar dan mengungguli para kompetitornya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan elemen promotion mix untuk mendorong timbulnya minat beli dari konsumen. Salah satu brand kecantikan yang mengimplementasikan strategi tersebut adalah Scarlett Whitening. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh elemen promotion mix dalam media sosial Instagram terhadap minat beli produk Scarlett Whitening. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yang digunakan yaitu promotion mix sebagai variabel independen dan minat beli sebagai variabel dependen. Variabel promotion mix terdiri dari dimensi social media marketing dan sales promotion. Sedangkan variabel minat beli menggunakan model AIDA yang terdiri dari dimensi attention, interest, desire dan action. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form kepada 100 responden yang memenuhi kriteria dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promotion mix yang meliputi dimensi social media marketing dan sales promotion berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk Scarlett Whitening. |