Strategi pemasaran influencer marketing dengan memanfaatkan media sosial kerap digunakan oleh brand untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu brand dalam industri kecantikan lokal yang menggunakan strategi tersebut adalah Somethinc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Syahrini sebagai influencer marketing terhadap brand awareness Somethinc di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel dan berdasarkan hasil perhitungan, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Mix, Integrated Marketing Communication, Promotion Mix, Influencer Marketing, dan Brand Awareness. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) influencer marketing yang terdiri dari tiga dimensi, yakni credibility (expertise, trustworthiness), attractiveness, dan power dan variabel terikat (Y) brand awareness yang terdiri dari empat dimensi, yakni unaware of brand, brand recognition, brand recall, dan top of mind. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing Syahrini mampu menjelaskan variasi nilai dari brand awareness Somethinc sebesar 47,3%. |