Berbicara mengenai evolusi digitalisasi masa kini mendorong masyarakat bergerak ke arah yang serba digital. Kemudahan akses informasi yang dapat dilakukan serba digital inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan kegiatan sosial seperti, penggalangan dana atau crowdfunding. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan seberapa besar pengaruh dari social media marketing melalui Instagram terhadap terciptanya brand equity pada akun media sosial @kitabisacom. Teori yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pemasaran, Social Media Marketing, dan Brand Equity. Variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah social media marketing yang terdiri atas context, communication, collaboration, dan connection. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah brand equity yang terdiri atas brand awareness, brand loyalty, brand association, dan perceived quality. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan korelatif. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan cara menyebarluaskan link kuesioner google form kepada 99 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terbukti adanya pengaruh yang kuat dan positif antara kegiatan social media marketing melalui Instagram terhadap terciptanya brand equity @kitabisacom. |