Di era industri 4.0 masyarakat Indonesia menggunakan media sosial mencari informasi, salah satunya menggunakan Youtube. Youtube juga mulai digunakan oleh individu terkhusus influencer untuk membangun personal branding mereka, salah satunya adalah Jerome Polin. Hingga kini, subscriber yang dimiliki oleh Jerome Polin pada channel Youtube @Nihonggo Manttapu sudah mencapai lebih dari sembilan juta subscriber. Selain seorang Youtube Influencer, Jerome Polin juga bekerja sebagai owner dari Menantea yakni waralaba minuman berbahan dasar teh.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh personal branding Jerome Polin sebagai owner Menantea terhadap brand preference konsumen gen Z di Provinsi DKI Jakarta. Dalam variabel personal branding terdapat tiga Indikator yaitu authenticity, relevant, dan consistent. Selain itu, dalam variabel brand preference terdapat empat Indikator yaitu more fond, will use, prefer, dan tend to buy.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang berusia 17-26 tahun, berdomisili di Provinsi DKI Jakarta, dan menjadi subscriber channel Youtube @Nihonggo Manttapu. Selain itu, teknik analisis data menggunakan statistika inferensial dengan pengujian regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara personal branding Jerome Polin sebagai owner Menantea terhadap brand preference konsumen gen Z di Provinsi DKI Jakarta. Dengan demikian, saran untuk penelitian lebih lanjut adalah melakukan penelitian yang sama dengan kelompok responden yang lain. |