Pendidikan karakter perlu diberikan kepada generasi penerus bangsa agar memiliki karakter yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin siswa kelas III B SD Strada Budi Luhur II pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengimplementasian pendidikan karakter disiplin siswa kelas III B pada pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari empat aspek disiplin yang peneliti melihat yaitu hadir tepat waktu, menaati peraturan baik peraturan sekolah maupun peraturan kelas, menggunakan seragam sesuai dengan ketentuan, dan membawa perlengkapan sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Terdapat kendala dalam mengimplementasikan karakter disiplin yaitu guru tidak dapat memperhatikan siswa satu persatu, kurangnya kesadaran siswa terhadap tanggung jawabnya sebagai pelajar, dan kurangnya implementasi karakter disiplin di rumah. Saran yang dapat peneliti berikan bagi guru adalah berikan sanksi yang tegas kepada siswa, bukan dengan teguran melainkan sanksi lainnya agar siswa jera dan tidak mengulangi ketidakdisiplinannya. |