Media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran, media ini digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Penggunaan media pembelajaran terutama media pembelajaran berupa video dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan 16 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes analisis, data di analisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran video cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDIT Arrosaaniyyah, berdasarkan hasil uji N gain sebesar 56,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam proses pembelajaran matematika dikelas V guru dapat menggunakan media pembelajaran video dengan sesuai. |